Jumat, 02 Agustus 2013

Taman Gedung Plaza Mebel, Fatmawati Kav. 5, Jakarta Selatan

Membuat desain taman gedung memang bukanlah hal baru buat saya. Namun apa yang saya dapati kali ini merupakan salah satu proyek yang memiliki nilai tantangan tersendiri. Pertama, karena lokasinya yang terletak di kawasan niaga bisnis yang cukup padat dan berkelas yakni di Jl. RS. Fatmawati Kav. 5, Jakarta Selatan berseberangan dengan ITC Fatmawati.

design taman gedung

Gedung PLAZA MEBEL. It is the very name. Menggunakan halaman depan gedung sebagai lahan parkir, taman, dan beberapa utilitas lainnya. Taman yang menjadi objek desain memiliki lebar variatif antara 1 - 2 meter sedangkan panjang hampir sama yakni sekitar 115 meter.

design taman gedung

  
disain taman gedung
Bagian depan luar taman gedung Plaza Mebel ini, saya aplikasikan tanaman-tanaman hias jenis shrub/semak yang mungkin anda sudah sering temui antara lain, pucuk merah, hanjuang merah, hanjuang keriting, puring z, dan beberapa melati holland dan papyrus sebagai paduan bagian tengahnya.

design taman gedung

disain taman gedung

Tepat dibaliknya ada sedikit lahan juga yang dimanfaatkan sebagai taman. Fungsinya adalah mengambil sight-capture dari dalam lobby gedung ke arah luar. Komposisinya pun juga tanaman-tanaman tropis yang lazim kita jumpai yakni spataphylum sebagai mainstream, diikuti barisan puring curly sisi kiri kanannya, kemudian brokoli hias dan taiwan beauty sebagai cover bagian bawahnya.

desain taman gedung

Sedangkan taman yang terintegrasi dengan bagian depan Gedung didominasi oleh tanaman-tanaman besar seperti Palm wregu, palm foxtail, pandan bali, taro, dan Bonsai yang kesemuanyan adalah "peninggalan" taman lamanya.

garden design for building

~ have a sight ~