Senin, 03 Juni 2013

Konsep Utilisasi Lahan menjadi Gelanggang Renang, Cileungsi, Jawa Barat

desain lanskap 3D

3D landscape design

pool design

3D pool design

landscape site
3D design

Konsep utilisasi lahan di sebuah kawasan seluas +/- 1,05 Hektar di Cileungsi Jawa Barat ini digagas oleh beberapa petinggi Kesatuan Militer yang bertugas di wilayah tersebut. Konsep tersebut menurut rencana akan segera dieksekusi pertengahan Mei 2013. Mainstream dari konsep desain tersebut adalah kolam renang olah raga standar non-olympic, yakni dengan panjang lintasan 50 m, lebar 21 m, dan kedalaman 1,3 - 2 m. Tepat di sebelah timur kolam ini terdapat kolam renang pula, namun dengan ukuran dan desain yang lebih atraktif yang memang diperuntukkan untuk hiburan anak-anak.

Kesan Militer sangat terlihat di bagian depan. Bagian atas dinding menyerupai bentuk Benteng hingga ke bagian atas pintu gerbang sebagai pusatnya. Ditambah dengan adanya sepasang aksesori Replika Meriam Canon di sisi kiri dan kanan pintu gerbang, sebagai lambang sambutan dan pertahanan. Namun demikian nuansa kelembutan masih dapat dirasakan oleh kesan yang tersirat dari penggunaan batu alam [paras jogja] di bagian bawah dinding depan. Perpaduan kedua unsur tersebut tak lain adalah untuk memberi kesan bahwa ketegasan & kegagahan militerisme kita sangat toleran dan lembut terhadap sipil.

Apapun kesan & tujuannya semoga menjadi manfaat dan kebaikan bagi para pengunjung dan pengelolanya. Jalesveva Jaya Mahe!!!

salam 100% INDONESIA.